All Feeds | XSL | RSS | Embed | Edit

Kasus suap impor daging, KPK terus buru tersangka lain

Kasus suap impor daging, KPK terus buru tersangka lain
Foto: Juru Bicara (Jubir) KPK, Johan Budi SP. ©2013 Okesharezone
Reporter: Karolina Puspitasari

Kasus suap kuota impor daging sapi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih belum berhenti pada penetapan tersangka Direktur PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman. Penyidik terus mencari bukti keterlibatan pihak lain.

"Belum berhenti pada titik sekarang juga. Kita masih kembangkan ke pihak-pihak lain," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi SP di Jakarta, Jumat (19/4).

Penetapan Maria, menurut Johan, hanya satu dari sejumlah orang yang diduga terlibat. KPK menegaskan tak berhenti pada mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dan orang terdekatnya, Ahmad Fathanah.

"Dalam pengembangan yang lain, kita juga sedang melakukan penelusuran apa penerimaan hanya berhenti ke AF dan LHI," ujarnya.

KPK menetapkan Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman sebagai tersangka.
Maria disangkakan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Pengusaha importir daging itu diduga sebagai pemberi suap, terhadap mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

"Diduga terkait dengan pemberi," ujar Johan.

Sebelumnya, KPK sudah menetapkan empat tersangka terkait kasus dugaan suap impor daging sapi. Mereka adalah dua Direktur PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi alias Dio dan Juard Effendi, Ahmad Fathanah alias Olong Ahmad Fadeli Luran, dan mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

Maria adalah ibu dari Arya Abdi Effendi alias Dio. Sementara Juard diketahui paman Arya.

Arya dan Juard sebagai pemberi suap diduga melanggar pasal 5 ayat 1 atau pasal 13 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Sementara Ahmad dan Luthfie diduga melanggar pasal 12 a atau b, atau pasal 5 ayat 2, atau pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Mereka kini sudah ditahan di empat lokasi. Arya dan Juard masing-masing dibui di Rumah Tahanan Negara Cipinang, Jakarta Timur, dan Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Ahmad Fathanah dijebloskan ke dalam Rutan Kelas I Cipinang cabang KPK. Sementara Luthfi sudah dijebloskan ke Rutan KPK cabang Pomdam Jaya, Guntur, Manggarai, Jakarta Selatan.

noreply@blogger.com (Kang Hilman) 19 Apr, 2013


-
Source: http://katakan-merdeka.blogspot.com/2013/04/kasus-suap-impor-daging-kpk-terus-buru-tersangka-terkait-lainnya.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Sambut hari Kartini, ratusan siswi lomba kepang rambut

Sambut hari Kartini, ratusan siswi lomba kepang rambut
Foto: Ratusan siswi lomba kepang. ©2013 KM/Okesharezone
Reporter: Sarah Puspita

Seratus lebih siswi TK dan SD di Sukoharjo, Jawa Tengah, mengikuti lomba kepang rambut dalam rangka menyambut hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang. Acara yang digelar di alun-alun kota Sukoharjo itu diikuti para siswi dengan antusias.

Pantauan Okesharezone, para siswi yang saling berpasangan itu bergantian untuk mengepang rambut. Dengan peralatan seadanya, seperti sisir dan karet gelang, mereka mengepang rambut temannya lebih dari dua kepang.

Sri Widiyati, salah satu guru pembimbing mengatakan, selain untuk memperingati hari Kartini, acara itu juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kerjasama dan kebersamaan antar-siswi.

"Saat mengepang rambut, mereka kan harus kerjasama. Tidak mungkin dilakukan sendiri. Kerjasama ini harus kita terapkan dari mereka masih berusia dini," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/4).

Selain itu, acara tersebut juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya tradisional jawa yang dikhawatirkan akan punah.

"Tradisi mengepang rambut ini kan lama banget. Zaman sekarang hampir tidak ada. Padahal banyak pelajaran yang bisa petik di situ," katanya.

Menurutnya, zaman dulu para ibu selalu menasihati anaknya sambil mengepang rambut. Hal itu sulit dilakukan di zaman sekarang. Sebab, sudah jarang anak-anak yang mau dikepang saat ini.

noreply@blogger.com (Kang Hilman) 19 Apr, 2013


-
Source: http://katakan-merdeka.blogspot.com/2013/04/sambut-hari-kartini-ratusan-siswi-lomba-kepang-rambut.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

'Ormas seharusnya tidak berafiliasi ke partai politik'

'Ormas seharusnya tidak berafiliasi ke partai politik'
Foto: Demo tolak RUU Ormas. ©2013 Okesharezone
Reporter: Dian Mutiya

Pengamat Budaya Politik M Sobari menegaskan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Ormas Kepemudaan Permanen (OKP) harus independen sebagai bentuk penyeimbang atas partai politik. Menurutnya, sebaiknya ormas seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah seharusnya tidak berafiliasi ke partai politik.

"Ormas harus independen dan kritis. Jika ada organisasi sayap partai tergantung partainya, sebaiknya ormas tidak menjadi pendukung partai terlebih partai yang parah," kata Sobari dalam diskusi KJPP di Gedung Bawaslu, Thamrin, Jakarta, Jumat (12/4).

Menurutnya ormas seperti NU dan Muhammadiyah menjadi organisasi yang independen sehingga tidak menjadi 'kepanjangan tangan' parpol tertentu. Pada dasarnya ormas merupakan penyeimbang dari parpol yang penuh dengan kepentingan.

"Sebaiknya ormas seperti NU dan Muhammadiyah, tidak berafiliasi ke parpol," ujar Sobari.

Diskusi yang bertemakan 'Menakar Kekuatan Ormas/OKP Bagi Parpol, Jelang Pemilu 2014' juga dihadiri oleh Tinno Rahdian, Aktivis Satria (Organisasi Sayap Gerindra, red). Sobari menyoroti kondisi sekarang ini nilai-nilai idealis di Indonesia hampir mati.

"Di Indonesia idealisme parah dan hampir mati, idealisme itu barang yang rentan di negara ini,"

Pemuda sebagai kaum intelektual menjadi harapan penyeimbang demokrasi namun idealis sekarang ini sebatas wacana tanpa implementasi.

"Pemuda menjadi garda terdepan dalam mengawal proses demokrasi yang memiliki idealis sebagai kaum intelektual," ujarnya.

Sobari menambahkan perjuangan dalam penegakan demokrasi dibutuhkan peran pemuda yang berjuang dengan idealisme. Karena peran pemuda yang melakukan proses pengawalan dan mengamati demokrasi di negeri ini.

"Didukung oleh pemuda yang mau berjuang dengan idealisme, proses mengamati proses mengawal adalah tugas pemuda," tutupnya.

Anas mengaku pernah diinteli SBY saat bertemu Bambang Soesatyo

Anas mengaku pernah diinteli SBY saat bertemu Bambang Soesatyo
Foto: Anas Urbaningrum di KPK. ©2013 Okesharezone
Reporter: Deddy Santosa

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menuding Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kerap menggunakan alat-alat negara untuk menginteli kegiatan dirinya. Misalnya saja, kata Anas, saat dia sedang bertemu dengan politikus Golkar, Bambang Soesatyo.

"Pernah dengan Saan saya ngopi-ngopi dengan Bambang Soesatyo. Dikirim SMS pula (oleh SBY) agar tidak usah ketemu Bamsoet, karena bisa jadi fitnah," ujar Anas lewat akun Twitternya, Jumat (12/4) malam.

Anas melanjutkan, dia juga pernah suatu hari bersilaturrahim dengan Bang AT (diduga Akbar Tandjung). "Beberapa jam kemudian sudah dapat SMS dari Ketua Wanbin (SBY)," kata Anas.

Inti SMS itu, ungkap Anas, "Adalah agar tidak perlu pertemuan-pertemuan dengan AT. Padahal silaturrahim dengan siapa saja kan hal yang biasa."

Contoh lainnya, kata Anas adalah ketika dia berada di Bali saat Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat berlangsung.

"Ketika KLB di Bali, kedatangan saya dipantau dan diikuti dengan ketat. Bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang," ujar tersangka kasus Hambalang ini.

Misalnya, papar Anas, ketika perjalanan dari Ubud menuju Denpasar, terang-terangan dia diikuti oleh beberapa sepeda motor.

"Ketika menuju dan kemudian istirahat di rumah Pasek, tetap saja diikuti. Beberapa motor parkir di dekat rumahnya," ujarnya.

Anas mengatakan, kisah intel-mengintel itu hanya beberapa contoh kecil. "Masih banyak lain yang lebih menarik," kata dia.

Ihwal tudingan intel mengintel ini adalah tanggapan Anas atas pernyataan SBY dalam wawancara Majalah Tempo Senin 8 April 2013. Lewat Twitter, Anas memposting foto lembaran wawancara SBY yang berjudul 'Saya Tahu yang Anas Lakukan'.

"So, benar sekali kalau beliau bilang tahu semua yang dilakukan Anas," tutupnya.

Tentara perempuan Korea Utara bersepatu hak tinggi

Tentara perempuan Korea Utara bersepatu hak tinggi
Foto: Tentara perempuan Korea Utara bersepatu hak tinggi. ©New York Magazine
Reporter: Triyono

Di tengah memanasnya situasi di Semenanjung Korea seiring ancaman serangan peluru kendali (rudal) Korea Utara, sejumlah foto dari kantor berita pemerintah memperlihatkan barisan tentara perempuan Korea Utara mengenakan sepatu hak tinggi hingga sepuluh sentimeter.

Di perbatasan Korea Utara di Kota Sinuju, pasukan tentara perempuan itu tampak sedang berpatroli di tepi Sungai Yalu di dekat perbatasan Kota Dandong, China, seperti dilansir situs ninemsn.com, Jumat (12/4).

Foto itu segera menyebar di Internet karena terlihat unik dan mengundang pelbagai cibiran.

"Tentara perempuan Korea Utara tampaknya lebih mementingkan mode ketimbang pakaian militer," kata seorang narablog di situs Huffington Post.

"Mereka kelihatannya tidak bahagia mungkin karena mereka selama ini tinggal di negara yang paling tertutup di dunia atau mungkin karena kaki mereka memang sakit," kata narablog itu.

Majalah New York Magazine bahkan mempertanyakan pemakaian sepatu berhak tinggi itu.

"Berapa lama mereka berbaris memakai sepatu hak tinggi itu? Apakah mereka punya teknik khusus cara menghindari kaki lecet? Apakah hak sepatu mereka memenuhi standar?"

Situs The Cut juga menyindir penggunaan hak sepatu bagi tentara perempuan itu dengan menulis:

"Pekerjaan yang mengharuskan perempuan mengenakan sepatu hak tinggi antara lain: penari telanjang, model, tentara perempuan Korea Utara, penari dalam video musik, dan Beyonce."

Zian Zigas kecelakaan di depan Istana Cipanas

Zian Zigas kecelakaan di depan Istana Cipanas
Foto: Ilustrasi kecelakaan mobil. ©shutterstock.com/Laurentiu Nica
Reporter: Prasetyo Mangkujoyo

Vokalis band papan atas Zigas Yuniar alias Zian, mengalami kecelakaan di Jalan Raya Cipanas, tepatnya di depan Istana Presiden Cipanas, Jumat sekitar pukul 17.00 WIB.

Meskipun tidak mengalami luka-luka, namun Zian sempat tidak sadarkan diri. Kecelakaan terjadi setelah mobil sedan Mercedes Bens bernopol B 1079 XJ yang dikemudikannya menghantam sepeda motor Honda Beat bernopol F 6554 YN.

Peristiwa nahas yang dialami pelantun lagu 'Sahabat Jadi Cinta' itu, berawal ketika mobil yang dikendarainya dengan kecepatan tinggi dari arah Cianjur menuju Bogor, berusaha menyusul kendaraan yang ada di depannya.

Sedangkan dari arah berlawanan sepeda motor yang dikendarai Retna (25) warga Kampung Saronge, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, meluncur dengan kecepatan sedang. Demikian dilansir dari Antara, Jumat (12/4).

Mendapati hal tersebut, Retna berusaha menempikan kendaraanya, namun sedan yang dikemudikan Zian terus meluncur ke arahnya, hingga akhirnya menghantam sepeda motor dan pengemudinya hingga terjungkal.

"Saya tidak tahu kalu sedan itu akan terus meluncur kea rah saya, meskipun posisi saya sudah dipinggir. Saat itu, saya melarikan sepeda motor dengan kecepatan sedang karena hujan," kata Retna yang mengalami luka ringan dibagian kaki.

Mendapati hal tersebut, puluhan petugas dari kepolisian dan satuan Brimob yang tengah melakukan penjagaan terkait kunjungan Presiden RI SBY ke Istana Cipanas, langsung mengevakusi Zian yang tidak sadarkan diri dari dalam mobil dan Retna ke pinggir jalan.

Meskipun tidak mengalami luka-luka, Zian yang tidak sadarkan diri serta Retna yang mengalami luka ringan dilarikan ke RSUD Cimacan.

Namun akibat peristiwa tersebut, sempat menngakibatkan antrian panjang kendaraan dari kedua arah sepanjang 1 kilometer.

Kecelakaan tersebut masih ditangani pihak Polres Cianjur, hingga malam menjelang belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.

ENI keluarkan Rp 3,8 triliun untuk eksplorasi migas di Indonesia

ENI keluarkan Rp 3,8 triliun untuk eksplorasi migas di Indonesia
Foto: Ilustrasi Migas. shutterstock.com
Reporter: Sarah Puspita

Perusahaan migas asal Italia, ENI, telah berkomitmen untuk mengeluarkan investasi untuk eksplorasi migas sebesar USD 400 juta (Rp 3,88 triliun) tahun depan.

CEO ENI Paolo Sacroni mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk pengeboran eksplorasi blok-blok yang telah dimiliki oleh perusahaan tersebut.

"Kami telah menanamkan uang lebih dari USD 400 juta untuk eksplorasi saja. Kami berencana untuk melanjutkan investasi kami untuk blok-blok yang menjanjikan di depan kami. Maka kami ingin terus berinvestasi untuk eksplorasi di blok-blok baru," ujar dia saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (12/4).

Dia mengakui bahwa Indonesia adalah negara yang penting untuk perkembangan bisnis ENI. Dia mengatakan, investasi pada eksplorasi tersebut akan kembali dalam bentuk minyak dan gas pada 2020. Pada 2016 nanti, ENI berjanji akan bisa memproduksi lebih dari 100.000 barel setara minyak per hari.

Menanggapi hal itu, Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini memuji ENI. Pasalnya, perusahaan tersebut baru dua tahun untuk proses survei langsung melakukan pengeboran eksplorasi minyak.

"Biasanya kan ada yang lima tahun baru bisa pengeboran," ujar RUdi kepada Wartawan di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral , Jakarta, Jumat (12/4).

Salah satu blok yang menjadi fokus ENI untuk dikembangkan, menurut Rudi yakni Blok Jangkrik di Muara Bakau Kalimantan Timur. "Dia lakukan pengeboran lagi, kemudian dapat," sambung Rudi.

Tahun lalu, ENI mendapatkan 100 persen saham untuk blok East Sepinggan di Kalimantan Timur. Pada November 2011, ENI mendapatkan kontrak di blok North Ganal di Kalimantan dan Arguni I di Papua Barat.

LPS tak ubah suku bunga yang dijamin

LPS tak ubah suku bunga yang dijamin
Foto: Ilustrasi. Okesharezone
Reporter: Karolina Puspitasari

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melakukan evaluasi mengenai tingkat suku bunga penjaminan simpanan dalam Rupiah dan Valas di Bank Umum dan simpanan dalam Rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

LPS menyatakan suku bunga penjaminan simpanan yang berlaku mulai periode 15 April sampai dengan 14 Mei 2013 adalah tetap. Untuk simpanan dalam bentuk Rupiah di Bank Umum suku bunga yang dijamin oleh LPS adalah 5,5 persen, sedangkan suku bunga simpanan dalam bentuk valuta asing yang dijamin LPS adalah sebesar 1 persen. Sementara itu, untuk suku bunga simpanan yang dijamin LPS di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah sebesar 8 persen.

Direktur Penjaminan dan Manajemen Risiko LPS Salusra Satria menjelaskan tingkat suku bunga penjaminan simpanan tersebut didasarkan atas pertimbangan beberapa hal.

Pertama, kinerja perekonomian domestik yang meskipun berpotensi risiko inflasi, namun relatif masih berada dalam kondisi yang stabil. Kondisi tersebut, lanjut Salustra, terlihat dari realisasi inflasi inti (yoy) menurun dari 4,29 persen per Februari 2013 ke level 4,21 persen per Maret 2013.

"Realisasi inflasi inti ini masih berada pada rentang target Bank Indonesia sebesar 4,5 persen plus minus 1 persen," kata Salusra dalam berita tertulis yang diterima merdeka.com, Jumat (12/4).

Kedua, kondisi likuiditas perbankan masih cukup tinggi. Hal ini terlihat dari posisi alat likuid perbankan yang dilihat dari tagihan bank umum kepada Bank Indonesia yaitu sebesar Rp 764,46 triliun atau sebesar 23,84 persen dari total dana pihak ketiga pada bulan Februari 2013.

Angka tersebut berada di atas rata-rata selama tahun 2012 yaitu sebesar Rp 750,29 triliun atau sebesar 25,37 persen dari total dana pihak ketiga. "Di samping itu, suku bunga JIBOR Overnight, 1 minggu dan 1 bulan stabil pada kisaran 4,18 persen sampai 4,60 persen di akhir bulan Maret 2013," imbuh Salusra.

Ketiga, biaya dana rata-rata tertimbang ICOF (implied cost of fund, merupakan rasio cost of fund terhadap total dana pihak ketiga) perbankan menunjukkan tren yang menurun dari 3,92 persen pada bulan Januari 2013 menjadi 3,78 persen pada bulan Februari 2013.

LPS menegaskan bahwa apabila tingkat suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi tingkat bunga penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah tersebut menjadi tidak dijamin.

"Bank diharuskan untuk memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan," jelasnya.

Gempa 7,2 SR guncang Papua

Gempa 7,2 SR Guncang Papua
Foto: gempa. bolius.dk
Reporter: Deddy Santosa

Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Papua. Gempa terjadi pukul 11.42 WIB.

Informasi yang didapat dari Humas BNPB Sutopo Sapto Nugroho, Sabtu (6/4), titik gempa berada di 56 KM Timur Laut Tolikara atau 92 KM Timur Laut Lanny Jaya, Papua. Pusat gempa berada di kedalaman 173 KM.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan tentang adanya kerusakan dan korban jiwa.

Pasien TB rentan terjangkit virus HIV/AIDS

Pasien TB rentan terjangkit virus HIV/AIDS
Foto: HIV/AIDS. ©2012 Okesharezone
Reporter: Amir Setiadi

Ada fakta yang mengejutkan mengenai pasien yang mengidap penyakit Tuberkulosis (TB) atau TBC, mereka ternyata rentan terhadap penularan virus HIV/AIDS. Kondisi itu diketahui dari Laporan Perkembangan HIV-AIDS triwulan ke-3 Tahun 2012 dan Global Report WHO 2012.

Dalam laporan itu, Indonesia memiliki kasus sebesar 3,3 persen pasien TB dengan status HIV/AIDS positif. TB sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan ditularkan lewat udara (percikan dahak).

"TB itu penyakit yang kronis dan pengobatannya lama, gizinya turun sehingga virus HIV gampang masuk. Begitu juga kebalikannya, pengidap HIV juga bisa kena TB. Pengidap HIV kekebalan tubuhnya menurun dan juga sangat mudah dimasuki virus TB," kata Direktur RS Persahabatan, M Syahril Mansur dalam peringatan Hari TB Sedunia 2013 di Ballroom The Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Sabtu (30/3).

Menurut Syahril pasien TB memiliki faktor resiko terjangkit HIV, misalnya memiliki tato di bagian tubuhnya serta jejak jarum suntik. Dengan demikian, pasien harus menjalani konseling dan pemeriksaan untuk mengetahui status HIV yang dideritanya.

"Pemerintah mau terus membantu kok untuk masalah penanggulangan TB ini. Sejauh ini saya dengar dari Kementerian Kesehatan, APBN mengeluarkan 160 milyar untuk proyek TB," pungkas Syahril di akhir acara.

Kegiatan ini digelar dengan kerja sama Kementerian Kesehatan dengan RS Persahabatan dan dihadiri kalangan ahli, praktisi dan mitra dengan jumlah peserta sekitar 1.200 orang.

Lift terbakar di showroom Mazda, 15 mobil pemadam kebakaran dikerahkan

Lift terbakar di showroom Mazda, 15 mobil pemadam kebakaran dikerahkan
Foto: Ilustrasi Kebakaran. ©2012 Okesharezone
Reporter: Amir Setiadi

Sebuah lift di showroom mobil Mazda di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, terbakar. Lift tersebut berada di lantai paling atas.

Pantauan merdeka.com, Jumat (29/3) sekitar 15 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Beruntung api tidak membesar dan bisa dipadamkan oleh petugas keamanan dengan menggunakan tabung pemadam.

Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi tetap mengecek ke lokasi lift terbakar guna memastikan api benar-benar padam. Diduga penyebab kebakaran karena hubungan arus pendek.

"Kayaknya karena korsleting," kata seorang petugas pemadam di lokasi.

Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas sempat terjadi kepadatan. Namun, kemacetan tersebut dengan cepat dapat diatasi.

Ida dibakar mantan suami karena sering teleponan dengan pria

Ida dibakar mantan suami karena sering teleponan dengan pria
Foto: Bakar diri Tibet. Okesharezone/MDKcom
Reporter: Amir Setiadi

Mardianto alias Selang (35) mengakui perbuatannya. Bapak tiga anak itu tega membakar mantan istrinya Ida Farida (35) lantaran korban menolak rujuk. Ditambah lagi, pelaku dibakar cemburu karena korban sering berhubungan dengan pria lain.

"Saya cemburu, mau diajak rujuk dia tidak mau. Saya juga sering dengar dia kerap telepon-teleponan dengan orang lain," kata Mardianto di Polsek Tambelang, Jumat (29/03).

Kendati demikian, Mardianto langsung kalap. Dia membakar mantan istrinya yang baru saja dicerai delapan bulan lalu. "Saya beli bensin di pinggir jalan, saya masukkan ke dalam kantong plastik," katanya.

Usai membeli bensin, Mardianto kemudian menuju rumah korban di Kampung Tambelang RT 06/03 Desa Suka Rapih, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi yang tak jauh dari kediamannya.

Saat tiba di lokasi, tersangka langsung menyiramkan bensin ke tubuh korban lalu membakarnya. "Saya masuk lewat pintu belakang," ungkapnya.

Meski sudah niat, namun tersangka mengaku tidak bermaksud membunuh korban dengan cara membakar. Dia hanya hingin melukai mantan istrinya itu, agar tidak disukai lagi oleh pria lain.

"Saya tidak bermaksud membunuhnya," katanya.

Setelah membakar istrinya itu, tersangka lalu menyerahkan diri ke Polsek Tambelang. Petugas kemudian langsung mengamankannya. "Saya menyerahkan diri," tambahnya.

Kapolsek Tambelang, AKP Bowo Lesmono mengaku sudah melimpahkan kasus tersebut kepada Polresta Bekasi guna pemeriksaan lebih lanjut. "Tersangka dijerat dengan pasal 351 tentang penganiayaan berat," kata Bowo.

Jokowi rangkul LDII sosialisasikan program relokasi warga

Jokowi rangkul LDII sosialisasikan program relokasi warga
Foto: Jokowi. ©2013 Okesharezone
Reporter: Dudi Anggoro

Berbagai cara persuasif dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk melakukan penataan permukiman pada dan program normalisasi sungai. Salah satu tugas berat adalah melakukan relokasi warga.

Agar tidak terjadi bentrokan dengan warga, Jokowi menggandeng Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk menyosialisasikan soal relokasi.

"Sosialisasi (relokasi) ke rumah susun mohon bisa dibantu, di daerah Marunda dan daerah lainnya, karena LDII kan banyak dan ada di mana-mana" jelas Jokowi di Kantor Dewan Pimpinan Pusat LDII, Patal Senayan, Jakarta, Kamis (28/3).

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta bantuan kepada seluruh pengurus LDII agar bisa memberikan pemahaman bahwa membuat hunian di pinggir sungai itu dilarang. Karena menurut Jokowi, hal tersebut bertentangan dengan regulasi yang ada, baik Undang-undang maupun Peraturan Daerah.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah sempat merangkul ormas lain dalam kaitannya tentang program ini, waktu itu Jokowi juga sudah merangkul Muhammadiyah.

"Saya ingin (relokasi) pergeseran dan perpindahan itu tanpa ada ribut-ribut dan tanpa ada masalah, saya sudah coba masuk kesana tapi belum bahas masalah relokasi, saya cuma bagi-bagi beras dan buku sekolah, ini kan pendekatan lunak jadi nggak perlu represif," tegas Jokowi.
Jokowi Rangkul LDII Sosialisasikan Program Relokasi Warga
Foto: Jokowi. ©2013 Okesharezone
Reporter: Dudi Anggoro

okesharezone - Jokowi Rangkul LDII Sosialisasikan Program Relokasi Warga | Berbagai cara persuasif dilakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk melakukan penataan permukiman pada dan program normalisasi sungai. Salah satu tugas berat adalah melakukan relokasi warga.

Agar tidak terjadi bentrokan dengan warga, Jokowi menggandeng Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk menyosialisasikan soal relokasi.

"Sosialisasi (relokasi) ke rumah susun mohon bisa dibantu, di daerah Marunda dan daerah lainnya, karena LDII kan banyak dan ada di mana-mana" jelas Jokowi di Kantor Dewan Pimpinan Pusat LDII, Patal Senayan, Jakarta, Kamis (28/3).

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta bantuan kepada seluruh pengurus LDII agar bisa memberikan pemahaman bahwa membuat hunian di pinggir sungai itu dilarang. Karena menurut Jokowi, hal tersebut bertentangan dengan regulasi yang ada, baik Undang-undang maupun Peraturan Daerah.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah sempat merangkul ormas lain dalam kaitannya tentang program ini, waktu itu Jokowi juga sudah merangkul Muhammadiyah.

"Saya ingin (relokasi) pergeseran dan perpindahan itu tanpa ada ribut-ribut dan tanpa ada masalah, saya sudah coba masuk kesana tapi belum bahas masalah relokasi, saya cuma bagi-bagi beras dan buku sekolah, ini kan pendekatan lunak jadi nggak perlu represif," tegas Jokowi.

Krisis air bersih, warga Kapuk Muara ancam bajak mobil Palyja

Krisis air bersih, warga Kapuk Muara ancam bajak mobil Palyja
Foto: Persediaan air bersih. ©2012 Okesharezone
Reporter: Amir Setiadi

Warga Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, mengancam akan membajak truk PT Palyja karena sudah berbulan-bulan pasokan air bersih terhenti. Padahal, selama ini warga rutin membayar iuran tagihan rekening perbulannya.

Ketua Rt 7/4 Kapuk Muara, Sunarni mengaku warga selalu membayar iuran air secara rutin dengan biaya bervariasi, yaitu dari Rp 30 ribu hingga Rp 60 ribu perbulan. Karena emosi warga sudah memuncak, ancaman menyandera mobil opersional pihak pengelola akan dilaksanakan.

"Bila mobilnya melintas di sini (Kapuk Muara), rencananya warga mau menyandera mobil operasional Palyja, agar perwakilannya datang dan menyelesaikan masalah ini," katanya dengan nada tinggi kepada wartawan, Jakarta, Kamis (28/3).

Di tempat lain, Lurah Kapuk Muara Sugiarto Timbo membenarkan adanya persoalan tersebut. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT Palyja dan membuat surat ke gubernur DKI Jakarta untuk membantu proses perizinan yang masih terkendala.

"Rencananya pihak PT Palyja akan memasang booster di Kelurahan Kapuk Barat, Jakarta Barat di lokasi pertamanan. Tapi, masih menunggu izin dari gubernur karena lokasinya di pertamanan. Kalau sudah dipasang booster, air akan mengalir di empat RW tersebut," bebernya.

Sebelumnya, puluhan warga Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara kecewa dengan pelayanan PT Pam Lyonnaise Jaya (PT Palyja). Sudah hampir 6 bulan warga tak merasakan distribusi air bersih seperti biasanya.

Kasus bocornya sprindik Anas bikin internal KPK tak kondusif

Kasus bocornya sprindik Anas bikin internal KPK tak kondusif
Foto: Johan Budi. Okesharezone
Reporter: Sarah Puspita

Kasus bocornya sprindik atas nama Anas Urbaningrum ternyata membuat kondisi internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak kondusif. Bahkan, suasana itu juga berimbas kepada hubungan antar pimpinan KPK.

"Saya prihatin dengan kondisi seperti ini sebagaimana besar pegawai KPK merasa prihatin dengan kondisi seperti ini," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di KPK, Kamis (28/3).

Apalagi setelah muncul isu akan ada kudeta terhadap pimpinan KPK terkait kasus bocornya sprindik. Tapi Johan yakin, kudeta itu hanya sebuah isu.

"Saya sebagai staf tidak merasakan ada yang kudeta mengkudeta ," tegasnya.

Isu adanya kudeta sebenarnya berawal dari pernyataan pimpinan KPK sendiri. Adalah Ketua KPK Abraham Samad mengatakan ada pihak yang ingin mengkudeta dirinya melalui kasus bocornya draf sprindik Anas Urbaningrum.

Johan berharap, jika Komite Etik telah memutuskan pelakunya, kondisi kembali kondusif. Dan pemberantasan korupsi tetap bisa pada alurnya.

"Bagaimanapun juga KPK menjalankan kewenangan untuk memberantas korupsi. Substansi memberantas korupsi itu berada pada alurnya," ujarnya.

Terkait bocornya sprindik, Komite Etik telah memeriksa kelima pimpinan KPK. Namun, hingga saat ini Komite Etik yang dipimpin Anies Baswedan belum berani mengumumkan siapa pelaku bocornya sprindik itu. Komite Etik berharap agar semua pihak menghindari spekulasi-spekulasi yang justru bisa melemahkan KPK itu sendiri.

Gabung ke Hanura, Lily Wahid perang terbuka dengan Muhaimin

Gabung ke Hanura, Lily Wahid perang terbuka dengan Muhaimin
Foto: Wiranto dan Lily Wahid. ©2013 Okesharezone
Reporter: Hasan Setyabudi

Lily Chodidjah Wahid atau Lily Wahid, baru saja resmi bergabung dengan Partai Hanura. Meskipun baru saja bergabung tapi dirinya sudah mempunyai ambisi besar dalam membuat gebrakan karir politiknya.

"Ibu Lily mau maju jadi caleg tapi satu dapil dengan Muhaimin Iskandar," kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Hanura Yuddy Chrisnandi di DPP Hanura, Jakarta, Kamis (28/3).

Yuddy menjelaskan Yeni menyampaikan keinginannya tersebut kepada dirinya untuk berhadapan langsung dengan Muhaimin Iskandar. Untuk alasannya, dirinya tidak mengetahui pasti.

"Dia (Lily) bilang asik aja," ujarnya.

Dirinya pun mengaku akan memfasilitasi keinginan Lily dalam memilih Dapil. Jika dia ingin berhadapan dengan Muhaimin maka pihaknya akan setuju.

"Kemanapun Muhaimin berada di sana Lily wahid ada," pungkasnya.

Karena sering bersebrangan dengan Muhaimin, Lily dipecat dari keanggotaannya sebagai anggota PKB. Lily resmi dipecat sejak Rabu (20/3) lalu.

Polisi belum berencana panggil Yulianis terkait laporan Ibas

Polisi belum berencana panggil Yulianis terkait laporan Ibas
Foto: Ibas datangi Polda. ©2013 Okesharezone
Reporter: Irwan Setyabudi

Kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas ke Mapolda Metro Jaya hingga kini masih terus diproses penyidik. Dalam pengembangan penyidikan, polisi belum memberikan sinyal akan memeriksa sang terlapor yakni mantan Wakil Direktur Keuangan Group Permai, Yulianis.

"Kita belum menyentuh itu (memanggil Yulianis) ya, jadi sementara kita melakukan pemeriksaan kepada saksi, jadi belum ada rencana ke arah terlapor," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (28/3).

Tapi, Rikwanto tidak menyebut siapa saksi-saksi yang akan diperiksa polisi. Menurutnya, hal tersebut ditentukan oleh penyidik Polda Metro Jaya. "Tentunya penyidik punya rencana, siapa dipanggil sebagai saksi, dan kapan akan dipanggil, nanti waktunya dipanggil penyidik sendiri," tutur Rikwanto.

Terkait perlindungan yang diberikan LPSK terhadap Yulianis, Rikwanto mengatakan polisi akan taat aturan. "Tentunya penyidik paham tentang itu, dan nanti pelaksanaannya mengacu pada rambu-rambu itu," ucapnya lagi.

Ibas sebelumnya melaporkan Yulianis di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya, Rabu (20/3/2013) dengan nomor laporan TLB/909/III/2013/PMJ/Ditreskrimum. Yulianis dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik melalui pernyataan yang dilontarkan Yulianis seperti dimuat pada Koran Sindo, pada halaman 1 tanggal 16 Maret 2013. Dalam pernyataan Yulianis itu, Ibas disebut menerima uang pada Kongres Partai Demokrat di Badung Tahun 2010 sebesar USD 200.000. Putra Presiden SBY itu membantah menerima uang sebagaimana yang dimaksud Yulianis.

Pada Senin (25/3/2013), Ibas kemudian kembali mendatangi Polda Metro Jaya untuk membuat berita acara pemeriksaan (BAP). Saat itu, polisi memeriksa Ibas dengan 19 pertanyaan. Maqdir Ismail, kuasa hukum Ibas mengatakan akan ada tiga saksi yang nantinya dipanggil penyidik kepolisian.

Diputusin pacar, seorang pembantu nyemplung ke Kali Ciliwung

Diputusin pacar, seorang pembantu nyemplung ke Kali Ciliwung
Foto: Ilustrasi. Okesharezone
Reporter: Imran Nugraha

Seorang pembantu rumah tangga bernama Triyani (17) berusaha mengakhiri hidupnya dengan cara menyemplungkan diri ke Kali Ciliwung. Triyani nekat melakukan hal itu diduga akibat hubungan asmara dirinya dan sang kekasih bernama Jacky (17) seorang kuli bangunan telah berakhir.

Seorang saksi mata, Yanti (43), warga Jatinegara Barat, RT 09 RW 01 mengatakan perempuan asal Kebumen, Jawa Tengah itu pertama kali ditemukan terdampar di pinggir Kali Ciliwung, Jalan Jatingera Barat, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Saya lagi sama adik saya, Natali (41) lagi di pinggir kali. Tahu-tahu ada orang terdampar di pinggir kali. Posisinya tengkurap," ujarnya saat ditemui wartawan di kediamanya, Kamis (28/3).

Melihat tubuh korban mengapung di bantaran Kali Ciliwung, Yanti pun lalu memanggil warga lain untuk menolong Triyani. Beruntung wanita malang tersbut berhasil diselamatkan masih dalam keadaan hidup pada saat itu.

"Saat itu, kondisi Tri sudah tidak sadarkan diri. Badannya biru, tapi masih bisa bernapas," ujar dia.

Saat berhasil menyelamatkan, Triyani pun lalu dibawa ke salah satu rumah warga, warga kemudian menghubungi keluarga Tri untuk datang. Tidak lama kemudian Sang kakak, Tuniyanti (30) pun langsung melihat kondisi adiknya tersebut.

"Adik saya ini bekerja sebagai pembantu rumah tangga di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara," terang sang kakak.

Perempuan yang bisa dipanggil Yanti ini menceritakan bahwa adiknya nekat nyemplung ke Kali Ciliwung kemungkinan besar disebabkan jalinan asmara dengan sang pacar bernama Jacky. Tri berani nekat menceburkan diri ke kali dikarenakan pacarnya yang berprofesi sebagai kuli bangunan itu memutuskan untuk mengakhiri jalinan cintanya dengan Tri.

"Adik saya ini diputusin sama pacarnya. Makanya dia nekat begini," katanya.

Yanti menambahkan, sebagai sang kakak dirinya sudah menasehati agar adiknya jangan terlalu serius pacaran dengan kuli bangunan tersebut, tapi ngeyel.

"Kayak orang takut kehilangan Jacky gitu. Tapi dia ngeyel, diam-diam tetap pacaran. Lagian kayak cowonya artis hollywood aja sampe mau bunuh diri," pungkasnya.

Nicola Peltz resmi terlibat 'Transformer 4'

Nicola Peltz resmi terlibat 'Transformer 4'
Foto: Nicola Peltz

Aktris muda Nicola Peltz secara resmi masuk dalam jajaran pemain TRANSFORMER 4. Hal tersebut diumumkan oleh Michael Bay melalui Twitternya pada Selasa kemarin (26/3).

Sebelum didapuk secara resmi, sempat beredar rumor yang menyebutkan bila gadis berusia 18 tahun ini terlibat dalam franchise mengenai perang robot tersebut. Setelah resmi, Peltz diplot memerankan anak perempuan dari karakter yang diperankan Mark Wahlberg.


Sebelumnya, Peltz dikenal lewat perannya sebagai Katara dalam film THE LAST AIRBENDER. Meski filmnya dianggap kurang memuaskan, akting Peltz tidaklah mengecewakan.

Selain Nicola Peltz, ada nama Brenton Thwaites yang berperan sebagai pacar Peltz. Akting aktor Australia tersebut tak lama lagi bisa dilihat dalam film MALEFICENT yang dibintangi Angelina Jolie.

Bay mengatakan bila seri keempat akan ditembak dalam bentuk 3D. Sayangnya dia masih belum mau berbagi mengenai plot meski film akan mengambil setting di China empat tahun selepas ending film ketiga.

Komedian Kiwil nikah lagi?

Komedian Kiwil nikah lagi?
Foto: Kiwil.

Kabar mengejutkan datang dari komedian Kiwil. Setelah resmi bercerai dari istri keduanya, Meggy Wulandari, pemilik nama lengkap Wildan Delta itu berfoto pernikahan dengan seorang wanita bernama Lina Marlina.

Hal tersebut terungkap setelah sang wanita mengunggah dua buah foto dalam akun twitternya @marlinadesta pada tanggal 26 Maret 2013 lalu. Dalam foto tersebut terlihat keduanya mengenakan busana pernikahan dan mesra.


Namun sayangnya hanya icon senyum yang ditulis oleh wanita yang disinyalir seorang penyanyi dangdut itu. Tidak ada kata-kata yang diungkapkannya terkait foto tersebut.


Kiwil sendiri sudah dua kali menikah, namun pernikahan keduanya dengan Meggy Wulandari kandas. Pengadilan Agama Cibinong pada 29 Oktober 2012 telah memutus cerai mereka.

Sampai saat ini, media entertainment KapanLagi.com®, masih terus mencoba menghubungi Kiwil terkait foto-foto tersebut. Kalau benar pelawak sudah menikah kembali, itu merupakan pernikahannya yang ketiga setelah resmi bercerai dari Meggy.

Asisten Lina Marlina benarkan pernikahan ketiga Kiwil

Asisten Lina Marlina benarkan pernikahan ketiga Kiwil
Foto: Kiwil

Komedian Wildan Delta atau yang akrab disebut Kiwil telah menikah lagi untuk ketiga kali. Hal tersebut dibenarkan oleh asisten pribadi Lina yang bernama Sonya.

"Lina dan Mas Kiwil memang benar sudah menikah," ucap Sonya saat dihubungi wartawan, Kamis (28/3).


Menurutnya, Lina Marlina yang disebut sebagai penyanyi dangdut ini memang telah resmi menikahi komedian yang fasih menirukan gaya bertutur da'i Zainuddin MZ itu. Namun, untuk detail waktu dan tempatnya, Sonya tidak bisa membeberkan.

"Tapi kalau ditanya soal kapan waktunya dan di mana, waduh maaf, saya benar-benar nggak tahu," lanjutnya.

Kiwil sendiri saat dihubungi media juga tidak mau blak-blakan perihal pernikahan tersebut. Namun dari foto-foto yang beredar, Kiwil dan Lina memang seolah telah usai melakukan pernikahan.

Wiranto suka Lily Wahid karena vokal

Wiranto suka Lily Wahid karena vokal
Foto: Wiranto dan Lily Wahid. ©2013 Okesharezone
Reporter: Karolina Puspitasari

Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, secara resmi menerima Lily Chodidjah Wahid bergabung ke partainya. Menurutnya, hubungan pertemanan antar keduanya sudah terjalin sejak lama.

"Saya menerima Lily Wahid dan saya sampaikan perjuangan untuk melakukan pembaruan itu tidak mudah. Butuh kekuatan besar dan gerakan besar dalam berpolitik," kata Wiranto dalam jumpa pers di DPP Hanura, Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

Dia menilai, Lily Wahid adalah sosok yang berani dan sering vokal. Hal itu sama dengan Hanura yang selalu vokal memperjuangkan rakyat.

"Vokal ya tapi vokal yang positif, bukan asal-asalan vokal," ujarnya.

Dia pun mengaku antara Lily Wahid dan Hanura sudah sejalan dalam perjuangan. Wiranto berharap Lily Wahid dapat memberikan dampak positif untuk Hanura.

"Hanura dan Lily Wahid sudah klop, ketika dia menyatakan ingin bergabung Hanura, saya gembira," ujarnya.

Laba naik 33 persen, CIMB Niaga tak bagikan dividen

Laba naik 33 persen, CIMB Niaga tak bagikan dividen
Foto: CIMB Niaga Banking Hall. ©2012 Okesharezone
Reporter: Dudi Anggoro

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) CIMB Niaga memutuskan perseroan tidak akan membagikan dividen kepada para investor. Padahal, laba sepanjang 2012 yang diperoleh perseroan sebesar Rp 4,23 triliun atau meningkat sebesar 33 persen dari tahun sebelumnya. Pemegang saham memilih dialokasikan laba untuk pengembangan bisnis perseroan.

"Karena laba digunakan untuk memperkuat modal dan menjaga kinerja agar bisa bertumbuh. Saat ini posisi CAR (rasio kecukupan modal) sekitar 14 persenan," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid di CIMB Niaga Pondok Indah, Kamis (28/3).

Sektor bisnis yang akan dikembangkan oleh perseroan adalah sektor kredit usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebagaimana ketentuan Bank Indonesia yang menetapkan rasio kredit UMKM bagi perbankan adalah minimal 20 persen dari total portofolio kredit bank.

"CIMB Niaga terus mengembangkan produk dan layanan usaha mikro dan kecil (UMK) melalui bisnis mikro laju, yang per 31 Desember 2012 telah menyalurkan kredit sebesar Rp 2,15 triliun, meningkat 73 persen dari 2011," jelas Arwin.

Selain itu, RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali seluruh anggota Direksi CIMB Niaga yang saat ini menjabat, hingga RUPST tahun 2015 yang akan diselenggarakan pada tahun 2016 mendatang.

Sedangkan dari sisi Dewan Komisaris, RUPST menyetujui pengangkatan Pri Notowidigdo sebagai Komisaris merangkap Komisaris Independen. "Pengangkatan Pri Notowidigdo akan berlaku efektif sejak diperolehnya persetujuan dari Bank Indonesia," tutur Arwin.

Di samping membukukan laba Rp 4,23 triliun, perseroan memantapkan posisinya sebagai bank yang berorientasi pada pasar bebas ASEAN. Pertumbuhan tersebut, lanjut Arwin juga diikuti dengan naiknya dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15 persen menjadi Rp 151,02 triliun, dengan komposisi dana murah (giro dan tabungan/CASA) hingga Rp 65,65 triliun.

Hasil ini mengokohkan posisi perseroan sebagai bank terbesar kelima dari sisi aset di tahun 2012 sebesar Rp 197,41 triliun atau tumbuh 18 persen dibandingkan tahun 2011 sebesar Rp 166,80 triliun. "Pertumbuhan ini seiring dengan pertumbuhan portofolio kredit sebesar 16 persen menjadi Rp 145,40 triliun per 31 Desember 2012," jelasnya.

Selain itu, perseroan mengungkapkan niatannya untuk segera melantai di Bursa Efek Indonesia."Kita masih berniat (listing di BEI), namun masih menunggu (aturan dualisting)," katanya.

Teroris Aceh divonis 12 tahun penjara

Teroris Aceh divonis 12 tahun penjara
Foto: Ilustrasi.
Reporter: Seto Wijaya

Dua terdakwa teroris yang terlibat dalam penembakan di Nanggroe Aceh Darussalam, Zakaria alias Jack dan Zainal Abidin disidangkan hari ini. Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, keduanya mendapatkan vonis lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Zakaria yang dituntut 17 tahun oleh JPU, mendapatkan vonis 12 tahun penjara. Sedangkan Zainal Abidin divonis 8 tahun penjara, setelah sebelumnya dituntut 12 tahun penjara oleh JPU. Dalam persidangan sebelumnya, kedua terdakwa dijerat pasal 15 juncto pasal 6 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"Terdakwa terbukti telah membantu terjadinya tindak pidana terorisme," ujar Hakim Ketua M. Saptono, yang memimpin sidang Zakaria, Kamis (28/3)

Dalam persidangan, Zakaria disebutkan terlibat dalam kasus penembakan yang menyebabkan tiga pekerja tewas dan tujuh orang lainnya mengalami luka-luka setelah diberondong peluru. Penembakan terjadi pada 31 Desember 2012 di mess pekerja galian PT Telkom di Desa Blang Cot, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireun, Nanggroe Aceh Darussalam.

Sementara, dalam persidangan Zainal Abidin, persidangan yang dipimpin Hakim Ketua Rifandaru, menyebutkan terdakwa terlibat dalam penembakan yang mengakibatkan satu orang tewas. "Terdakwa terbukti membantu terjadinya penembakan tersebut. Atas perbuatannya, terdakwa dihukum 8 tahun penjara dikurangi masa tahanan," ujar Hakim Ketua Rifandaru dalam ruang sidang Mudjono.

Dalam persidangan diketahui, kedua terdakwa tidak saling mengenal, namun baik Zainal maupun Zakaria berada di bawah kepemimpinan orang yang sama, yakni Fikram. Fikram merupakan mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Mengenai vonis yang dijatuhkan hakim, kuasa hukum kedua terdakwa, Ahid Syaroni, menyayangkan lamanya hukuman yang diterima kedua kliennya. "Mereka kan tugasnya pada saat kejadian hanya memantau, mensurvei, apakah ada polisi atau tidak," jelas Ahid seusai persidangan.

Ahid pun lantas membandingkan hukuman yang lebih ringan yang diterima pelaku terorisme yang disidangkan di PN Jakarta Pusat yang divonis 4 tahun penjara, di mana sebelumnya dituntut 5 tahun penjara oleh JPU.

Mengenai rencana banding yang ditawarkan ketua hakim, dia menyatakan masih berfikir, dan menanyakan kepada pihak keluarga. "Terdakwa akan melakukan musyawarah dengan keluarga terlebih dahulu sebelum memutuskan banding," ujar Ahid.

Dipecat PKB, Lily Wahid gabung ke Hanura

Dipecat PKB, Lily Wahid gabung ke Hanura
Foto: Lily Wahid. Okesharezone
Reporter: Deddy Santosa

Setelah dipecat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lily Chodidjah Wahid ternyata sudah punya kendaraan politik baru jelang pemilu 2014. Adik kandung Gus Dur ini menyatakan gabung ke Partai Hanura.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin. Menurutnya, hari ini Lily akan menyampaikan langkah politiknya secara resmi.

"Sore ini akan menyampaikan secara langsung di kantor DPP Partai Hanura tentang bergabungnya beliau ke Partai Hanura," kata Saleh dalam keterangan tertulis, Kamis (28/3).

Saleh menambahkan, pihaknya sangat senang atas keputusan Lily yang akhirnya memilih partai besutan Wiranto ini sebagai kendaraan politik baru. Dia pun yakin, mantan anggota Komisi I DPR ini akan membawa juga para pendukung dan pengikut setianya untuk bergabung dengan Hanura.

"Tentu beliau tidak sendiri tapi juga akan membawa pengikutnya yang terkenal fanatik," tegas dia.

Bergabungnya Lily, kata dia, akan menambah kekuatan Hanura menjelang kompetisi Pemilu 2014.

"Selaku pengurus partai Hanura tentu kami sangat mengapresiasi dan senang terkait keputusannya bergabung dengan kami. Ini akan menambah kekuatan Hanura ke depan dalam menghadapi Pileg dan Pilpres," tandasnya.

Saat masih menjadi anggota DPR, Lily Wahid dikenal kerap menentang keputusan DPP PKB yang dipimpin keponakannya sendiri, Muhaimin Iskandar. Misalnya saja, dalam keputusan Pansus Angket Bank Century dan pembentukan Pansus Angket mafia pajak. Lily juga menjadi salah satu inisiator pembentukan Pansus Angket Century DPR.